Abstrak Berta Afriani Vol 2 No 1 September 2016

18 May 2017 |

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERSONAL HYGIENE DENGAN KEJADIAN DERMATITIS PADA ANAK BALITADI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS SUKARAYA TAHUN 2016

 

Berta Afriani

STIKES Al-Ma’arif Baturaja Program Studi DIII Keperawatan

Jln.Dr Mohammad Hatta No 687 B Baturaja

 

Email: bertaafriani@yahoo.co.id

 

ABSTRAK

 

 

Latar Belakang: Dermatitis ialah kelainan kulit yang subyektif ditandai oleh rasa gatal dan secara klinis terdiri atas ruam polimorfi yang umumnya berbatas tidak tegas. Gambaran klinisnya sesuai dengan stadium penyakitnya tujuan penelitian diketahuinya hubungan tingkat pengetahuan dan personal hygiene dengan kejadian dermatitis di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Sukaraya tahun 2016.

Metode: Penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh balita yang mengalami kejadian dermatitis di Wilayah Kerja Puskesmas Sukaraya Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu tahun 2016 berjumlah 75 balita. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling, dengan jumlah sampel 63 orang.

Hasil Penelitian: Dari analisa univariat didapatkan dari 63 orang didapatkan nilai r value 0,000 untuk pengetahuan dan personal hygiene.

Kesimpulan: Ada hubungan antara pengetahuan dan personal hygiene dengan kejadian dermatitis di Wilayah Kerja Puskesmas Sukaraya Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu, Untuk tenaga kesehatan agar kiranya dapat memberikan penyuluhan yang lebih intensif lagi pada ibu-ibu yang memiliki Balita mengenai personal hygiene

 

Kata kunci: Tingkat Pengetahuan, Personal hygiene, Kejadian Dermatitis


STIKES Al Ma'arif

Jl Dr Mohammad Hatta No 687-B Sukaraya, Baturaja, Sumatera Selatan, Indonesia 32112, Kab. Ogan Komering Ulu
Telp : (0735) 326072 / 326072
Email: info@stikesalmaarif.ac.id